Tetap Berjalan 8000 Langkah Walaupun Di Rumah Saja

Pandemi yang belum kunjung berakhir mengharuskan kita lebih banyak #dirumahaja. Pergerakan pun menjadi terbatas. Tapi ini bukan menjadi alasan buat kita bermalas-malasan dan berhenti bergerak. 

Close-up of a woman's sport shoes

Untuk alasan kebugaran dan kesehatan, Physical Activity Guidelines Amerika Serikat merekomendasikan agar orang dewasa melakukan 150 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas sedang atau 75 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas tinggi yang diimbangi dengan olahraga lainnya. Jika Anda kurang suka melakukan latihan aerobik, Anda dapat menggantinya cukup dengan berjalan kali 7000 hingga 8000 langkah sehari. 

Lantas bagaimana bisa memiliki langkah kaki hingga 8000 sehari jika hanya di rumah saja? Bisa! Anda bisa berjalan mengelilingi rumah, mulai dari perkarangan hingga bagian paling belakang rumah. Lakukan dalam beberapa kali putaran, tentunya tergantung luas rumah Anda.

Saya tadi telah mencoba berjalan santai tanpa henti mengeliling rumah. Dalam 15 menit saya berjalan kurang lebih 2000 langkah. Saya memutuskan membaginya dalam beberapa kesempatan yaitu pagi, siang, sore dan malam. Dengan cara ini saya optimis dalam sehari dapat tercapai 8000 langkah. 

Anda tertarik mencoba juga?