Membaca nyaring (read aloud) pada anak saat ini tengah gencar dikampanyekan. Metode ini diperkenalkan oleh Jim Trelese dalam bukunya The Read Aloud Handbook. Read aloud adalah metode mengajarkan membaca yang paling  efektif untuk anak-anak karena dengan metode ini kita bisa mengkondisikan otak anak untuk mengasosiasikan membaca sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan.  Read aloud juga menjadi sarana orang tua untuk memperkenalkan berbagai kosakata dan serta emosi kepada anak melalui cerita-cerita yang dibacakan. 

Photo of Woman Holding Brown Book With Her Child

Read aloud dapat dimulai sejak dini, bahkan sejak masa kehamilan. Saya ingat sekali pada saat mengatehui saya positif hamil, saya langsung membeli buku-buku anak. Saya dan suami bergantian membacakan buku dengan nyaring setiap hari untuk janin yang ada dalam kandungan saya. 

Kebiasaan ini berlanjut sampai dengan saat ini anak saya berusia hampir 2 tahun. Saya mulai merasakan manfaat dari kebiasaan membaca nyaring. Anak saya memiliki kemampuan bahasa yang baik. Di usianya yang sekarang ia mampu mengucapkan banyak kata dan menyusun kalimat singkat. Ia juga sudah bisa diajak berkomunikasi dua arah. 

Manfaat lain yang saya dapatkan adalah anak jadi menyukai buku. Ia terbiasa membolak balik tiap halaman buku dan “bercerita” tentang gambar-gambar yang ia temukan di buku. Semoga kecintaannya kepada buku dapat terus berlanjut hingga ia dewasa.