Apakah Anda sudah sarapan pagi ini? Apakah Anda tipe orang yang suka melewatkan sarapan pagi? Jika ya, mari simak penjelasan pentingnya sarapan pagi berikut.

Salah satu manfaat sarapan pagi adalah sebagai sumber energi. Jika diibartkan seperti mobil, Anda butuh juga “bahan bakar” untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut menjadi kosong.

Cheerful Asian kids having fun in kitchen

Untuk menu sarapan sebaiknya diatur sebaik mungkin. Sarapan yang sehat mengandung biji-bijian utuh (sereal gandum utuh), protein (selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus), keju atau susu rendah lemak, serta buah-buahan dan sayur-sayuran.

Untuk ananda, seperti dilansir Buku Makanan Anak Usia Sekolah (2011) karya Diana Damayanti, makanan sarapan yang terbaik bagi anak adalah makanan-makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, vitamin, dan mineral.

Agar anak mendapatkan energi maksimum untuk kerja otaknya, masukkan makanan-makanan berikut dalam menu sarapan mereka: 1. Karbohidrat kompleks: sereal dan roti 2. Protein: makanan berbahan dasar susu, telur, dan kacang-kacangan 3. Vitamin dan mineral: buah-buahan atau sesekali juga bisa sayuran yang dimasukkan ke dalam atau omelet.

Sumber: Alodokter

Lihat profil
Arifin

43 artikel di Tajria.