Akhir pekan adalah kesempatan untuk mengistirahatkan sejenak saraf-saraf. Hal yang biasanya saya lakukan adalah menonton pertandingan sepak bola. Macam persiapan pun saya lakukan sebelum menonton, di antaranya membaca preview pertandingan, serta melihat prediksi pundit mengenai pertandingan.

Baik dari membaca ataupun mendengarkan analisa pundit, saya bertemu dengan konsep “melihat dengan data”. Tentu lapis sejarah, statistik, bukan jaminan 100% bahwa hasil akan seperti dugaan. Itu juga sisi menariknya sepak bola. Ada faktor enigma.

Interested multiracial family watching TV on sofa together with dog

Mempersiapkan menonton dengan tahu data menurut hemat saya menarik. Paling tidak kita sudah bersiap pada harapan, serta bersiap jika tim andalan kalah (hahaha…). Menjadi pendukung klub tertentu tidak serta merta menjadikan fanatik buta akan kelemahan dan keteledoran tim. Pun begitu dengan celah di tim sendiri serta daya unggul tim lawan.

Paduan membaca, mendengar pundit, serta kerap melihat tim favorit, saya pun kerap memberi saran mengenai apa yang harus dilakukan. Tentu saran ini hanya saya sampaikan ke sesama sobat pendukung tim dukungan saya. Mulai dari starting eleven, pergantian pemain jika buntu, rapor penampilan pemain, dan lain sebagainya.

Jika ada pertanyaan apa sih menariknya sepak bola? Lalu dibilanglah sepak bola sekadar 22 pemain yang berusaha mendapatkan bola. Maka saya dapat menjawabnya dengan lantang bahwa salah satu faktor menariknya sepak bola, terkait dengan analisa pertandingan.

Analisa sebelum pertandingan, analisa selama pertandingan, analisa setelah pertandingan, adalah etape-etape yang menarik untuk diikuti. Bukan sekadar menang-kalah. Tapi ada juga uraian tentang data yang ada, misalnya penguasaan bola, shoot on target, efektivitas dalam bola mati, dan lain sebagainya.

Maka bagi penggemar sepak bola seperti kami-kami ini, sebelum, selama, dan sesudah pertandingan adalah obrolan tentang analisa partai. Topik yang bagi kami enak dibaca, enak didengar, enak diperbincangkan, dan perlu.

Selamat menikmati akhir pekan!

Lihat profil
Arifin

43 artikel di Tajria.