Buah alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, mulai dari bayi 6 bulan sampai orang tua. Berdasarkan data dari Nutrient Database dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 40 gram alpukat mengandung setidaknya 64 kalori, 6 gram lemak, 3,4 gram karbohidrat, kurang dari 1 gram gula dan 3 gram serat. Alpukat juga menjadi sumber vitamin C, E, K, dan B-6 yang baik, serta riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Semua ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kesehatan dan menghindari penyakit kronis seperti jantung, stroke, hipertensi dan diabetes.

Sliced Avocado Fruit

Saya beruntung karena anak saya menyukai buah yang tergolong superfood ini. Dimakan langsung maupun dibuat juice anak saya selalu lahap mengonsumsi buah yang satu ini. Karena kegemarannya ini, memuat saya lama-lama menjadi lebih pandai memilih buah alpukat yang matang dan siap dikonsumsi.

Saya akan berbagi tips memilih buah alpukat yang matang dan siap dikonsumsi untuk Anda.

  1. Pilih alpukat yang memiliki kulit berwarna hijau kehitaman. Warna kulit yang sudah mulai menghitam mengindikasikan buah telah matang.
  2. Genggam alpukat dengan telapak tangan Anda, buah yang sudah matang akan terasa lunak. Jangan memilih alpukat yang terlalu lunak, karena kemungkinan sudah terlalu matang dan cenderung busuk.
  3. Lihat di bagian ujung tempat batang alpukat. Apabila sedikit Anda tarik tampak berwarna hijau tua, alpukat berarti sudah matang.

Itulah tiga tips memilih alpukat yang sudah matang dan siap dikonsumsi. Semoga bermanfaat.