Keterampilan hidup (Exercice of Practical Life) merupakan salah satu area yang menjadi dasar dalam pendekatan Montessori. Saya pernah mengikuti sebuah workshop yang Montessori Inspired Program, dan berikut ini merupakan alasan mengapa keterampilan hidup ini penting diperkenalkan bagi anak.

  • Ditemui anak setiap hari di lingkungannya
  • Melatih anak untuk membantu dirinya sendiri sehingga mandiri
  • Memuaskan kebutuhan anak untuk membantu dan merasa berguna bagi orang lain
  • Membantu anak merasa menjadi bagian dari keluarga
  • Membantu anak mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk hidup dan belajar

Di usia anak saya yang menginjak 20 bulan saya mulai memperkenalkan beberapa keterampilan hidup. Saya memperkenalkannya melalui contoh dengan diperagakan. 

Mom teaching little daughter to wash hands properly

Berikut ini adalah kegiatan keterampilan hidup yang coba saya perkenalkan kepada anak saya: makan dengan alat makan, minum dari gelas, mengelap tumpahan di meja, menyisir rambut, membersihkan badan dengan bantuan, mencuci tangan, mengambil dan merapikan mainan, memilih dan mengambil pakaian, dan menyiram tanaman.

Dalam proses mengenalkan aktivitas keterampilan hidup ini tentu akan menemukan hal-hal yang kurang sempurna. Sebaiknya kita berusaha sebisa mungkin untuk tidak mengoreksi anak ketika kurang sempurna melakukannya. Percaya saja dengan inner teacher dan kemampuan belajar anak. 

Selamat membersamai anak dalam belajar berbagai keterampilan hidup ya bunda. 😊