Kala anak saya ulang tahun yang pertama, tema yang diangkat adalah binatang. Yups anak saya gemar terhadap berbagai macam binatang, mulai dari menyebutkan namanya hingga menirukan suaranya.

Pun begitu ketika pilihan kami berwisata ke Taman Safari, akan ada kesempatan bagi anak saya untuk melihat aneka binatang secara langsung.

Kala pembatasan sosial dan lebih sering berada di rumah, kepekaan saya terhadap pengamatan binatang lebih intens. Mungkin Anda juga mengalaminya. Anda jadai lebih mengetahui ada hewan apa saja yang hilir mudik di rumah Anda, hehehe…

Plastic Animal Toys on Wooden Surface

Berbagai macam pandemi, jika ditelusuri hulunya, berawal dari virus yang berada di binatang, lalu berpindah ke manusia. Berarti ada PR bagi kita umat manusia untuk menjaga relasi dan ekosistem.

Sejumlah kisah dalam Alquran mendedahkan tentang hikmah yang bisa kita dapat dari mempelajari binatang. Yups, ada berbagai binatang yang disebutkan dalam Alquran, seperti gajah, lebah, laba-laba, semut, sapi, ikan, anjing, dan lain sebagainya.

Dalam berbagai kisah masa kecil pun, binatang menjadi karakter yang kerap muncul. Ada si cerdik kancil, ada buaya, ada gajah, dan sebagainya.

Dalam kartun pun, kita bisa mendapatkan referensi yang berjejer. Mulai dari Tom & Jerry, lalu ada Simba, sampai Zootopia.

Melalui berbagai hewan tersebut, nilai-nilai kebaikan dinarasikan dengan lembut dan nyaman di logika kita. Kita dapat belajar banyak hal dari binatang. Mari aktifkan panca indra dan pertanyakan kira-kira apa ya yang bisa dipelajari dari binatang pertama yang Anda lihat setelah membaca artikel ini.

Lihat profil
Arifin

89 artikel di Tajria.