Jadikan seni tidak lagi ruang sepi yang seolah-olah hanya dihuni oleh yang berbakat atau yang memiliki ketertarikan sejak lahir.

Berbicara seni, memang terkadang terasa eksklusif. Hanya dimengerti oleh orang-orang tertentu saja. Padahal hakikatnya seni itu melekat dan mendekat pada kemanusiaan. Maka akrabkan diri pada seni dalam keseharian.

Apakah seni itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), salah satu definisi seni yakni karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa, seperti tari, lukisan, ukiran.

Jika merujuk pada definisi tersebut, telahkah seni dekat dengan keseharian Anda? Aplikasi TikTok menurut hemat saya mampu mengakrabkan publik dengan tari. Ada banyak gerakan tari yang secara sadar atau tanpa sadar, akhirnya menjadi konsumsi khalayak ramai.

Person Holding Black Android Smartphone

Lalu terkait lukisan, saya ingat pernah menghadiri pameran lukisan yang dikoleksi istana-istana di Indonesia. Tentu paling banyak di masa Presiden Sukarno yang memang begitu kental semangat seninya. Aneka macam genre lukisan dikoleksi oleh beliau. Merentang karya-karya pelukis dari berbagai lini masa. Saya pun terpukau dengan gaya Mooi Indie, lukisan kehidupan keseharian rakyat, dan sebagainya. Lukisan nyatanya dapat begitu dekat dengan kita sebagai manusia.

Pahami juga bahwa inherennya seni merupakan sesuatu yang dibutuhkan. Sejumlah tokoh besar dunia pun dikenal dengan kompetensi seninya. 

Apakah Anda tahu bahwa Leonardo da Vinci menggunakan formula matematika serta menggunakan teori untuk menghasilkan keseimbangan warna dan menghasilkan efek artistik untuk lukisannya?

Lihat profil
Arifin

98 artikel di Tajria.