Apa lagu anak-anak favoritmu? Masihkah kamu hafal lirik lagu anak-anak favoritmu?

Penulis lagu anak yang termasyhur, Ibu Sud mengungkap kiat untuk menulis lagu anak-anak. Ia menyatakan syarat utamanya adalah harus mencintai anak-anak terlebih dahulu.

Pencipta lagu juga kudu memahami perkembangan emosi dan pikiran anak.

Girl Holding Black Dynamic Microphone While Looking Above

“Salah satu contohnya adalah jangan menulis lagu anak dengan banyak menggunakan huruf ‘r’. Kalau bisa sih dihindari atau jangan terlalu banyak memakai kosa kata berhuruf ini. Sebab huruf ini susah diucapkan seorang anak kecil. Ini salah satu contohnya. Liriknya pun harus sederhana,” ujar Ibu Sud yang terkenal dengan lagu Tik Tik Bunyi Hujan.

Sementara itu Kak Zepe (penulis lagu anak) mengungkapkan bahwa lagu anak dapat dikatakan bermutu apabila penulisan lirik, pesan lagunya harus mudah dipahami. Ini berarti menggunakan kata-kata yang sederhana dan tidak terlalu panjang. Hal lainnya yakni lagu anak harus mengandung pesan moral yang berguna bagi anak-anak seperti persahabatan ataupun kerajinan.

Lagu anak yang bersanding dengan film, secara sejarah, tentu layak dicatat Petualangan Sherina.

Simaklah lagu Lihatlah Lebih Dekat, yang menceritakan tentang persahabatan dan kecintaan terhadap alam.

Mengapa bintang bersinar

Mengapa air mengalir

Mengapa dunia berputar

Lihat segalanya lebih dekat

Dan kau akan mengerti

Membekali dan mencetak bangunan dasar dari anak bisa melalui medium lagu anak-anak. Bagaimana intelektual, pendidikan karakter mendapatkan konten yang pas dan menyenangkan.

Lihat profil
Arifin

98 artikel di Tajria.