Salah satu upaya pencegahan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), salah satunya dengan secara berkala mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Meskipun penggunaan hand sanitizer juga disarankan, tetapi para ahli kesehatan sepakat bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah langkah yang harus diutamakan.

Semua jenis virus termasuk Covid-19 bisa dapat aktif di luar tubuh manusia selama berjam-jam, bahkan berhari-hari. Virus bisa menyebar melalui droplets, seperti saat bersin, batuk, atau saat pengidapnya berbicara. Disinfektan, cairan hand sanitizer, tisu basah, gel, dan krim yang mengandung alkohol semuanya berguna untuk membunuh virus ini, tetapi tidak seefektif sabun.

Woman With a Face Mask Washing her Hands

Melansir World Economic Forum, Palli Thordarson profesor di School of Chemistry di University of New South Wales, Australia menjelaskan beberapa hal terkait kimia molekuler yang membantu menjelaskan mengapa sabun lebih efektif membunuh virus.

Thordarson menjelaskan bahwa virus cenderung terdiri dari tiga hal yakni genom asam nukleat (bahan genetiknya: DNA atau RNA), protein yang membungkus asam nukleat dan membantu replikasi virus di dalam tubuh inang, dan lapisan luar yang berlemak. Koneksi antara ketiga bagian komponen ini membentuk struktur virus, tetapi koneksi itu lemah karena tidak ada ikatan kovalen yang memberikan struktur yang lebih stabil.

Sebaliknya, kata Thordarson, perakitan virus didasarkan pada interaksi “non-kovalen” yang lemah antara protein, RNA dan lipid. Mereka bersama-sama bertindak bersama seperti perekat sehingga sulit untuk memecah partikel virus yang terbentuk sendiri.

Namun, sangat mungkin untuk memecah partikel dengan sabun, yang baik dalam melarutkan lapisan lipid yang mengelilingi virus. Ini juga menghancurkan semua ikatan lemah lainnya di dalam virus. Setelah itu terjadi, virus secara efektif akan hancur berantakan.

Lantas mengapa membutuhkan waktu minimal 20 detik untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir? Dibutuhkan waktu untuk membersihkan semua permukaan tangan secara efektif.

Tangan memang punya banyak permukaan dan bagian yang harus dibersihkan satu per satu. Busa sabun harus menutupi semua permukaan untuk menangkap kuman di tangan, baik di telapak tangan, kerutan, kuku, sela-sela jari, di bawah cincin, tali pengikat, atau goresan yang mungkin Anda miliki pada jari yang cedera.

 

Sumber: Halodoc, Dream

Lihat profil
Arifin

117 artikel di Tajria.