Carian
Apakah Perlu Menggunakan Sunscreen Lotion Walaupun di Dalam Ruangan?
February 4, 2021 Arfianingrum Pujiastuti

Apakah Perlu Menggunakan Sunscreen Lotion Walaupun di Dalam Ruangan?

Tak terasa sudah hampir satu tahun saya bekerja dari rumah. Dan tiba-tiba saya teringat sudah selama itu pula saya tidak pakai sunscreen lotion. Saya selama ini berpikir tidak perlulah saya memakainya, karena saya tidak keluar rumah. Tapi ternyata pikiran saya itu salah. 

Person Pouring Plastic Tube Bottle

Tahukah Anda, ternyata walaupun tidak keluar rumah, sebaiknya tetap menggunakan sunscreen lotion. Setidaknya ada tiga alasan utama mengapa para ahli mengatakan Anda harus memakai SPF di dalam ruangan. Ketiganya terkait dengan yang Anda hadapi:

  • Sinar Ultraviolet A (UVA) yang masuk melalui jendela rumah dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti munculnya kerutan dan hilangnya elastisitas kulit.
  • Sinar Ultraviolet B (UVB) yang masuk melalui jendel juga dapat merusak DNA kulit, menciptakan respons peradangan yang menyebabkan kulit terbakar merah
  • Cahaya biru dari perangkat pintar, komputer dan TV dapat meningkatkan produksi melanin atau pigmentasi pada kulit, yang dapat menyebabkan melasma dan flek hitam. 

Ruang kerja saya di rumah memang tidak dekat dengan jendela, tapi setiap hari saya bekerja di depan komputer lebih dari 8 jam. Itu berarti saya terpapar cahaya biru selama 8 jam setiap hari. Untuk melindungi kulit, mulai hari ini saya akan kembali menggunakan sunscreen lotion lagi. 

Sumber: nbcnews.com

Komen