Apakah Anda rutin membaca buku setiap hari? Merujuk pada data yang diungkap The Digital Readers, 35% minat baca meningkat di seluruh negara selama pandemi. Bagaimana dengan Anda, apakah di masa pagebluk ini berkorelasi positif pada peningkatan minat baca?

Woman in Yellow Long Sleeve Shirt Lying on Couch

Ada beberapa tips agar rutin membaca buku, di antaranya sebagai berikut:

Upayakan konsisten membaca buku

Dalam 24 jam sehari, tanamkan tekad untuk konsisten membaca buku. Ceruk waktunya bisa ketika bangun tidur, setelah makan siang, setelah kerja, sebelum tidur.

“Dicicil saja bacanya. Sehari minimal 20 menit. Lima menit setiap pagi, siang, sore, malam.

Kalau disiplin, nanti pelan-pelan akan terbiasa dan jadi kebiasaan,” tips dari duta baca Indonesia, Najwa Shihab.

Sebar buku di mana saja

Untuk tips ini, saya sendiri punya pengalaman secara personal. Yups, bagi saya tips ini worth banget. Ketika dahulu saya kecil, ada ragam bacaan yang ada di berbagai titik di rumah.

Hal serupa saya dapatkan dari teman kuliah, menurutnya di mana saja mata memandang ada buku yang siap sedia. Selamat terkepung oleh buku hehehe…

Berkongsi dengan teman yang suka membaca

Anda bisa ikut klub buku, dimana bisa menceritakan buku yang sedang dibaca atau yang pernah dibaca sesuai dengan topik pertemuan.

Anda juga bisa bersahabat dengan teman-teman yang hobi membaca. Biasanya mereka akan menceritakan buku yang dibaca, mengaitkan informasi, perisitiwa kekinian dengan buku yang dibaca. Anda pun dapat menceritakan menariknya buku yang sedang Anda baca.

 

Sumber: Klub Buku Narasi

 

Lihat profil
Arifin

94 artikel di Tajria.