Seluruh kelompok usia bisa mendapatkan faedah dari olahraga berenang, terutama jika dilakukan secara teratur.

Berenang dapat membangun kekuatan tubuh. Sebab, untuk bergerak di dalam air, seseorang membutuhkan tenaga yang lebih kuat. Lebih jauh lagi, berenang adalah olah fisik yang akan melatih semua kelompok otot utama, dari bahu, punggung, panggul, bokong, hingga kaki.

Berenang juga dapat meningkatkan stamina karena berhubungan dengan ketahanan sistem pernapasan, kardiovaskuler, serta peningkatan massa otot.

Person Swimming on Body of Water

 

Berenang dapat menyehatkan sistem pernapasan, dikarenakan sebagai salah satu latihan kardio, berenang bisa memperkuat otot jantung dan paru-paru. Renang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan membantu kita dalam mengendalikan sistem pernapasan. Faedah renang tersebut tentu baik bagi penderita asma.

Penting juga untuk diketahui, ketika berenang, air akan membantu dalam menopang beban tubuh. Dengan ini, sendi dan tulang pun tidak bekerja terlalu berat. Misalnya saja bagi orang yang menderita radang sendi atau keseleo, renang termasuk salah satu pilihan olahraga terbaik yang tidak membebani sendi yang sakit atau otot dan ligamen yang cedera.

Lakukanlah renang dengan rutin 3-5 kali seminggu, masing-masing selama 30 menit. Faedah berenang akan lebih berimbas jika dilakukan secara rutin.

 

Sumber: Alodokter, Kompas

Lihat profil
Arifin

98 artikel di Tajria.