Pada Jumat (12/2/2021) diperingati sebagai Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili. Sudah tahukah Anda mengenai sejumlah item yang identik dengan Imlek, seperti barongsai dan angpao?

Lion Dance (Tarian Singa) merupakan tarian tradisional Tiongkok yang dipertunjukkan pada acara-acara besar seperti Festival Musim Semi. Di sini, Tarian Singa lebih populer dengan sebutan  Barongsai. Ada pun Festival Musim Semi disebut dengan perayaan Imlek untuk menyambut Tahun Baru Cina (Lunar New Year atau Chinese New Year).

Menurut kepercayaan tradisional Tiongkok, singa menandakan keberanian, kekuatan, kebijaksanaan dan keunggulan. Barongsai dilakukan di festival-festival atau acara-acara besar dalam kebudayaan Cina untuk membawa keberuntungan dan mengusir roh-roh jahat.

Person Wearing Foo Dog Costume

Tarian Barongsai dilakukan untuk mengusir hantu dan roh jahat. Karena orang Tiongkok meyakini monster, hantu, roh jahat dan raksasa seperti Nian takut akan suara keras.

Barongsai adalah salah satu tradisi terpenting saat Tahun Baru Cina. Untuk membawa kemakmuran dan keberuntungan pada tahun yang akan datang. Sekaligus sebagai cara untuk menciptakan suasana meriah dan membawa kebahagiaan.

Berikutnya terkait angpao. Uang dalam amplop merah tersebut disebut juga uang keberuntungan atau uang Tahun Baru.

Jika kamu orang dewasa muda atau setengah baya, maka harus memberi angpao kepada anak-anak, para orang tua, dan orang tua sendiri.

Pasangan yang sudah menikah akan memberikan angpao pada teman-teman yang belum menikah untuk menularkan keberuntungan.

Demikianlah sekelumit informasi, tentang hal yang lazim terjadi di masa imlek: barongsai dan angpao.

 

Sumber: Kompas

Lihat profil
Arifin

98 artikel di Tajria.