Tahukah Anda mengenai profesi ghost writer? Secara sederhana definisi ghost writer merupakan seseorang yang dipekerjakan oleh seseorang atau perusahaan dan bertugas untuk menulis untuk mereka.

Dalam beberapa publikasi sinema, diksi ghost writer digunakan, seperti di film Ghost Writer yang dibintangi Tatjana Saphira, Ge Pamungkas. Film ini bergenre hantu komedi.

Lalu ada film The Ghost Writer yang dibintangi oleh Ewan McGregor, Pierce Brosnan. Film bergenre thriller/misteri ini jika ditelaah, mengurai sejumlah ciri profesi ghost writer.

Close-up Photography of Woman Sitting Beside Table While Using Macbook

Baik film Ghost Writer maupun The Ghost Writer mengungkap salah satu lini kerja lazimnya ghost writer yakni buku memoar.

Memoar secara definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yakni kenang-kenangan sejarah atau catatan peristiwa masa lampau menyerupai autobiografi yang ditulis dengan menekankan pendapat, kesan, dan tanggapan pencerita atas peristiwa yang dialami dan tentang tokoh yang berhubungan dengannya. Definisi lainnya yakni catatan atau rekaman tentang pengalaman hidup seseorang.

Saya sendiri pernah punya pengalaman menekuni profesi ghost writer. Buku memoar merupakan lini pekerjaan yang diarungi. Prosesnya sendiri yakni dengan melakukan wawancara, narasumber memberikan sejumlah fakta-data yang terkait dengan pendapat dan pengalamannya.

Menjadi ghost writer, berarti kita harus mampu menyelami alam pikiran dan perasaan narasumber. Maka proses wawancara menjadi krusial. Mulai dari mendapatkan bahan data premier, hingga mengamati narasumber secara tersirat.

Maka pemilihan diksi, bagaimana narasumber berpikir, bagaimana narasumber menanggapi suatu peristiwa, merupakan seni yang perlu dikuasai ghost writer. Sekilas hal tersebut bagaikan seorang aktor yang sedang mendalami karakter tertentu. Diperlukan kemanunggalan.

Tentu ragam narasumber/klien yang memiliki karakter berbeda-beda memerlukan adaptasi dari seorang ghost writer. Adaptasi ini untuk menghadapi lingkungan dan narasumber/klien yang berbeda serta beradaptasi untuk menulis dalam berbagai gaya.

 

Sumber: Glints

Lihat profil
Arifin

89 artikel di Tajria.