Sudah pernah makan batagor? Batagor adalah akronim dari bakso tahu goreng. Panganan ini adalah khas dari Bandung, Jawa Barat. 

Seperti namanya (bakso tahu goreng), batagor adalah tahu yang diisi adonan berbahan ikan tenggiri dan tepung tapioca. Tahu yang telah diisi adonan ikan tenggiri tersebut kemudian digoreng. Batagor dihidangkan bersama dengan bumbu saus kacang, kecap manis, sambal dan perasan jeruk limau. 

Batagor Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Menurut sejarahnya, batagor lahir dari ketidaksengajaan seorang pedangang bakso tahu kukus bernama Isan di Bandung pada tahun 1973. Isan sering mendapati bakso tahu kukus yang dia jajakan tidak habis meskipun telah berkeliling kampung.

Agar tidak mubazir bakso tahu yang tidak laku terjual ia goreng dan bagikan ke tetangga sekitar rumahnya. Hal ini sering Isan lakukan. Di luar dugaan, ternyata para tetangga sangat suka bakso tahu goreng yang kerap Isan berikan. Para tetangga kemudian menyebut bakso tahu goreng Isan ini dengan akronim batagor. 

Pada akhirnya banyak tetangga yang tertarik untuk memesan secara khusus batagor. Melihat antusiasme ini, Isan akhirnya memiliki ide untuk mengembangkan batago. Ia menambahkan ikan yang lebih banyak dan memberikan sambal khusus. 

Semakin lama penjualan batagor Isan terus meningkat. Di awal tahun 80an Isan mulai menyewa sepetak lahan untuk berjualan dan tidak lagi berkeliling kampung. Banyak yang mulai mengenal batagor buatan Isan. Sejak saat itu juga banyak pedangan lain yang meniru untuk membuat batagor. Tak heran jika Anda ke Bandung saat ini sangat banyak penjual batagor baik di pinggir jalan maupun di restoran besar.

Itulah asal-usul batagor makanan khas Bandung. Jika Anda berkunjung ke bandung, jangan lupa cicipi kelezatan bakso tahu goreng ini ya.

Sumber: fimela.com, bandungtempodulu