Buntu dalam ide, stuck? Mungkin Anda perlu melakukan pendekatan baru dalam bekerja. Di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) ini meneguhkan pendapat kita bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Mungkin Anda perlu mengubah tempat Anda bekerja.

Cobalah untuk lebih akrab pada alam. Jika di rumah, cobalah menggunakan laptop dengan pemandangan dekat pohon. Secara visual, Anda pun akan tersegarkan dengan hijaunya pohon. Asupan oksigen dari pohon juga membantu untuk menyegarkan pikiran.

Bekerja dari mana saja, misalnya ketika bertamasya “mencari udara”. Anda tak lagi bertemu partisi-partisi di kantor. Saya pernah mencobanya. Dengan pemandangan berlatar gunung, kabut yang muncul, udara yang begitu segar, saya pun mendapatkan kesegaran dalam bekerja.

Man Walking Near Body of Water

Ketika buntu dalam ide, stuck, Anda pun bisa mencoba untuk bergerak. Berjalan kaki, melakukan senam ringan, hal tersebut di antaranya baik untuk peredaran darah, asupan oksigen untuk otak.

Ketika buntu dalam ide, stuck, Anda bisa mencoba bicara, berdiskusi dengan orang lain. Bahkan dari orang yang tidak begitu mengerti tentang tema dari stuck-nya ide kita. Berbicara, melepaskan beban. Mendengarkan orang lain mengemukakan pendapat, bisa memberikan insight berbeda. Bukankah kita kadang terkungkung, terbelenggu pada cara pandang tertentu?

Ketika buntu dalam ide, stuck, Anda bisa beristirahat, tidur. Mungkin tubuh dan pikiran Anda memang sudah terlampau keruh, lelah. Maka istirahat, tidur, dapat memberi jeda, menyegarkan kembali pikiran dan tubuh.

Ketika buntu dalam ide, stuck, lakukan hal lainnya. Sejenak lepaskan fokus pada tema yang sedang buntu tersebut. Ketika misalnya bingung melanjutkan kalimat dalam artikel, Anda bisa membaca, menonton, atau berimajinasi bebas. Begitu siap, kita bisa kembali ke gelanggang penulisan artikel tersebut.

Ketika buntu dalam ide, stuck, lakukan hal-hal yang menyenangkan Anda. Hal itu dapat memicu hormon-hormon kebahagiaan.

Buntu dalam ide, merupakan hal yang lumrah dan lazim. Itulah tantangan bagi kita untuk mengatasinya dengan berbagai macam jurus dan pendekatan. Selamat mencoba!

Lihat profil
Arifin

117 artikel di Tajria.