Carian
Semarak Olahraga Dan Aktivitas Fisik Di Fasilitas Publik
August 29, 2022 Arifin

Salah satu permasalahan di kota yakni kepadatan penduduk jika dibandingkan dengan luas wilayahnya. Maka di beberapa jalan yang berada di area pemukiman terlihat anak yang sedang bermain sepak bola sebagai contoh. Di satu sisi ada permakluman, karena sesungguhnya mereka membutuhkan ruang untuk berolahraga, bermain; di sisi lainnya tentu bermain sepak bola di jalan ada kemungkinan berpapasan dengan kendaraan.

Sinyalemen jalan yang menjadi “arena bermain” ini dapat dilihat pada sejumlah perayaan. Misalnya pada perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus. Sejumlah jalan yang ditutup menjadi arena bermain anak-anak, baik itu sepak bola, dan sebagainya. Seperti anak saya pada 17 Agustus 2022 lalu yang membawa sepedanya untuk dikayuh di jalan yang sedang ditutup dari lalu lalang kendaraan bermotor.

Maka sejumlah gelanggang olahraga dapat menjadi pilihan. Disana warga dapat berolahraga. Seperti yang terlihat pada Velodrome di bilangan Jakarta Timur. Ada aneka olahraga yang dilakoni disana. Ada yang bermain sepak bola, bola basket, bola voli, bulu tangkis, sepatu roda, kasti, bersepeda, berlari, berjalan, dan sebagainya.  Pun begitu jika Anda berkunjung ke sejumlah gelanggang olahraga lainnya yang berada di Jakarta, maka varian olahraga akan ditemui.

Ada kesadaran dari warga bahwa mereka butuh untuk melakukan olahraga, beraktivitas fisik, maka sejumlah fasilitas publik tersebut dapat menjadi destinasi.

Terkait aktivitas fisik, maka sejumlah revitalisasi dan transformasi yang dilakukan pada taman-taman di Jakarta merupakan kabar baik. Pun begitu dengan kawasan rendah emisi yang diterapkan di wilayah Tebet Eco Park serta kota tua. Ada ruang yang lebih leluasa, lebih jembar untuk berjalan kaki.

Sejumlah fasilitas publik yang memungkinkan warganya untuk beraktivitas fisik tersebut tentunya selaiknya dioptimalisasikan. Baik dari menyempatkan waktu, mengajak yang lainnya, dan sebagainya.

Komen