Carian
Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Melalui Tayangan Anak 
September 2, 2022 Arifin

Perilaku hidup bersih dan sehat dapat diupayakan sejak dini. Bagi yang telah memiliki anak, mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada buah hati alangkah lebih berdampaknya jika ayah-bunda pun mempraktikkannya. Mencontohkan dengan tindakan dapat lebih berkesan bagi anak.

Memiliki anak, hemat saya sesungguhnya merupakan sarana belajar dan pengingat bagi ayah-bunda pula. Bisa jadi selama ini telah tahu mengenai perilaku hidup bersih dan sehat, namun abai mengerjakannya. Dengan sejumlah pembelajaran yang ringan dan tepat guna, pesan perilaku hidup bersih dan sehat pun dapat diterima oleh berbagai lapis umur.

Sejumlah tayangan anak pun telah mengarusutamakan perilaku hidup bersih dan sehat. Di antaranya serial animasi Adit Sopo Jarwo yang mengajarkan mengenai pemberantasan sarang nyamuk. Aksi preventif pun dilakukan dengan memperhatikan perabotan yang dapat menampung air. Tentu dengan kombinasi humor, perilaku hidup bersih dan sehat dapat lebih mengena. Dalam hal ini Sopo, Jarwo membuang segala air yang ada di perabotan, baik itu air di ember ibu-ibu yang sedang mencuci, ember tukang bakso.

Perilaku hidup bersih dan sehat pun diperlihatkan dengan rutin menggosok gigi. Pada serial animasi Si Aa terdapat ilustrasi mengenai gigi Bagas yang dibersihkan oleh “pasukan” Aa dan kawan-kawan. Anak saya kerap meminta untuk diputarkan episode tersebut ketika sedang mau menggosok gigi.

Perilaku hidup bersih dan sehat pun dapat dilakukan dengan nyanyian dan gerakan. Di antaranya melalui lagu Makan Jangan Asal Makan. Hingga berita ini dibuat tercatat telah lebih dari 133 juta yang menonton lagu ini via YouTube.

Nuansa agama Islam pun terasa, termasuk filosofi makan pada lagu Makan Jangan Asal Makan. Bahwasanya makan memakai aturan yang Nabi Muhammad SAW ajarkan, bahwasanya raihlah keberkahan dalam setiap makan.

Perilaku hidup bersih dan sehat pada lagu Makan Jangan Asal Makan di antaranya diperlihatkan melalui sejumlah hal yakni untuk mencuci bersih tangan; jangan meniup makanan yang panas, lebih baik dikipas.

Komen