Annyeong! Budaya Korea Selatan semakin akrab menyebar ke berbagai penjuru dunia. Di antaranya pada lini bahasa, seperti kosakata oppa hingga bulgogi yang sudah ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Akhir pekan kemarin, kami sekeluarga ke Lotte Shopping Avenue di bilangan Jakarta Selatan, beberapa space di mall tersebut sedang dilakukan renovasi. Hasil renovasi tersebut nantinya akan memperkenalkan ragam budaya Korea Selatan dengan konsep kekinian.

Ingin tahu lebih lanjut tentang budaya Korea Selatan? Anda bisa datang ke Museum Nasional Indonesia.

Pameran istimewa ‘K-Maestro’ pertama kali ditampilkan di luar Korea, lho! Indonesia menjadi negara pertama dipamerkan ‘K-Maestro’ setelah dipamerkan pertama kali di Korea pada tahun 2021. Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia dan Korean Cultural Center Indonesia, bekerja sama dengan National Gugak Center dan Museum Nasional Indonesia menggelar pameran Gugak ‘K-Maestro’.

Pameran K-Maestro ini memiliki konsep memadukan seni tak berwujud, yaitu musik tradisional dengan seni berwujud, yaitu kerajinan tradisional di mana pengunjung dapat menikmati keindahan tampilan ruang dan keanggunan musik tradisional secara bersamaan.

Pameran ‘K-Maestro’ dihelat pada 23 September – 25 Oktober 2022 (dibuka untuk umum mulai 24 September 2022) pada jam 08.00-16.00 WIB di Museum Nasional Indonesia, Jakarta.

Anda cukup membeli tiket reguler (tiket masuk museum) secara langsung di loket tiket ataupun di website e-tiket Museum Nasional paling lambat sehari sebelum kunjungan, Anda dapat melihat karya yang terletak di Lobi Kaca Gedung B Museum Nasional Indonesia.

Pada pameran ini tersedia stempel K-Passport Season 3. Temukan informasi lengkap di situs web KCCI (id.korean-culture.org).