Hari Binatang Sedunia diperingati tiap 4 Oktober. Pada tahun ini mengangkat tema “A Shared Planet” atau Planet Bersama di mana kesejahteraan hewan jadi penting agar manusia dapat hidup berdampingan dengan binatang.

Langkah awal untuk meningkatkan kesejahteraan hewan adalah menanamkan konsep bahwa hewan adalah makhluk hidup yang harus diperlakukan sebagaimana seharusnya, bukan dianggap sebagai barang.

Hewan bukanlah barang yang bisa dijadikan sebagai hadiah sama seperti barang-barang yang terdiri dari benda mati. Maka perlu pertimbangan yang matang sebelum memberikan hewan piaraan kepada orang lain, apalagi bila orang yang dituju adalah anak di bawah umur yang belum tentu siap memikul tanggung jawab mengurusinya.

Terdapat berbagai aspek kesejahteraan hewan yakni, memastikan hewan bebas dari lapar dan haus. Selain itu, kesejahteraan hewan artinya memastikan binatang bebas dari rasa sakit, luka, penyakit, dan kondisi tertekan, serta penganiayaan dan penyalahgunaan.

Aspek berikutnya adalah memastikan hewan bebas untuk dapat melakukan perilaku alaminya serta bebas dari perlakuan kasar.

Masih terkait dengan kesejahteraan hewan, Tebet Eco Park dapat menjadi destinasimu untuk membawa hewan peliharaan. Dikarenakan terdapat area pet park di taman yang terletak di selatan Jakarta tersebut. Area Pet Park dilengkapi dengan beragam peralatan kelincahan yang menyenangkan untuk hewan.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Area Pet Park, pastikan hewan peliharaan dalam keadaan sehat serta sudah menjalani vaksinasi sesuai anjuran dokter. Anda juga diharapkan kesediaannya untuk membersihkan kotoran hewan peliharaan Anda di fasilitas publik ini. Anda juga dianjurkan membawa bekal makanan dan minuman untuk hewan peliharaanmu. Ayo bawa anak bulu (anabul) untuk menikmati nuansa fasilitas publik kota. Anda dapat membawa anabul dengan melewati pintu masuk yang ada di pintu selatan Tebet Eco Park.