Carian
Berbagai Permainan Untuk Anak Tanpa Gawai 
November 8, 2022 Arifin

Beberapa ide permainan yang dapat orang tua mainkan bersama anak tanpa harus menggunakan gawai, salah satunya memecahkan gelembung.

Saat melakukan permainan ini, orang tua dapat meniup gelembung busa (bubble) dan meminta anak untuk memecahkannya dengan anggota tubuh tertentu. Dari permainan yang sederhana ini, anak belajar mengenai bagaimana mengikuti aturan.

Ide lainnya yakni bermain masak-masakan. Orang tua dapat mengajak anak melakukan kegiatan memasak dalam lingkungan yang aman dengan main masak-masakan bersama.

Ide selanjutnya, bisa juga dengan bermain peran karena anak-anak usia empat hingga lima tahun biasanya suka sekali bermain peran. Berbagai peran yang dapat dimainkan sebagai dokter, polisi, pemadam kebakaran, kasir di supermarket, dan sebagainya.

Ajak anak untuk menentukan tema apa yang akan dimainkan kali ini, sehingga menambah imajinasi anak saat bermain.

Orang tua juga dapat mengajak anak memainkan permainan tradisional seperti benteng, congklak, gobak sodor, dan permainan-permainan lain.

Permainan-permainan tersebut mengajarkan karakter-karakter positif seperti kerja sama, bertanggung jawab terhadap apa yang kita pilih, budaya antre, sportivitas, dan banyak lagi. Selain itu memainkannya juga menyehatkan raga, karena banyak permainan tradisional yang mengharuskan pemainnya untuk bergerak, melompat, ataupun berlari.

Tidak dapat dipungkiri, orang-orang termasuk orang tua dan anak memerlukan gawai untuk menunjang keseharian.

Jika digunakan secara bijak, gawai memang dapat memberi manfaat bagi anak. Anak-anak dapat menggunakan gawai untuk berbagai keperluan, seperti belajar, mencari informasi, bermain gim, menonton film atau tayangan edukasi, berkomunikasi, menggunakan media sosial, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

Namun, orang tua perlu mewaspadai jangan sampai gawai memberikan pengaruh buruk bagi perkembangan buah hati.

Dampingi anak saat menggunakannya, konsisten menerapkan aturan penggunaannya, baik dari segi durasi maupun aktivitas yang dilakukan anak.

Orang tua juga perlu untuk menyediakan waktu bermain bersama anak. Memperbanyak waktu bermain bersama anak sedari kecil, akan membawa banyak dampak baik untuk pertumbuhan anak, salah satunya membangun kedekatan secara emosional lebih dalam. Selain itu, dapat membantu mengurangi keinginan anak untuk bermain gawai secara berlebih.

Sumber: Antara

Komen