Carian
Kantong Plastik: Asal Usul Hingga Cara Menghindari Sampahnya 
November 8, 2022 Arifin

Kantong plastik telah begitu akrab dalam kehidupan keseharian kita. Di sisi lain muncul kesadaran untuk lebih peduli pada bumi.

Seperti diungkap Jakarta Sadar Sampah, sebenarnya, dulu kantong plastik dibuat untuk mengurangi ketergantungan manusia terhadap sumber daya alam secara langsung.

Jika merujuk pada lini masa, sebagai berikut. Pada 1869, kantong plastik industri diciptakan pertama kali. Pada 1869, kantong plastik digunakan sebagai pengganti kantong kertas. Keberadaan kantong plastik kala itu dianggap sebagai cara untuk menyelamatkan alam.

Pada 1944, puncak produksi plastik secara massal. Pada 1970, plastik mulai dipandang negatif dan menjadi salah satu fokus masalah terkait pencemaran lingkungan.

Sementara itu, Andhini Miranda founder @021suarasampah, menyarankan sejumlah langkah untuk menghindari sampah kantong plastik.

Di antaranya dengan memilih produk-produk curah yang dibeli menggunakan wadah yang dibawa dari rumah, maka semua sampah kemasan bisa dicegah sejak awal.

Tips lainnya dengan melakukan belanja terencana. Misalnya ketika belanja bahan makanan di supermarket. Dari rumah, Anda dapat membuat daftar belanja untuk keperluan menyiapkan jumlah dan jenis wadah yang perlu dibawa. Hal ini juga supaya tidak beli melebihi kebutuhan. Ketahuilah dengan belanja tanpa kemasan sekali pakai, kita juga sudah berkontrubusi meredam pemanasan global.

Komen