Carian
Pesona Ragam Rumah Adat Betawi Di Setu Babakan 
December 13, 2022 Arifin

Akhir pekan kemarin kami sekeluarga pergi ke Setu Babakan yang merupakan Perkampungan Budaya Betawi. Salah satu hal yang menarik yakni terdapat berbagai tipe rumah adat Betawi. Sebuah warisan budaya yang menunjukkan ragam arsitektur, sejarah, serta keterkaitannya dengan kehidupan sosial.

Di antara ragam tipe rumah adat Betawi tersebut terdapat Rumah Adat Tipe Gudang serta Rumah Pesisir. Berikut penjelasan singkatnya:

Rumah adat tipe gudang

Rumah Gudang tersebut merupakan rumah dari suku Betawi yang letaknya berada di daerah pedalaman.

Ciri khas rumah tipe ini pada umumnya memiliki denah berbentuk persegi empat, memanjang ke belakang. Atapnya berbentuk pelana dan struktur kerangka kuda-kuda, dan memiliki prisai yang ditambahkan oleh satu elemen struktur atap, yaitu jurai. Selain itu juga mempunyai sepenggal atap miring yang bisa disebut topi/dak.

Rumah pesisir/rumah panggung (rumah kuliner)

Rumah tipe ini merupakan rumah adat Betawi untuk mereka yang tinggal di daerah pesisir pantai. Semua bahan rumah panggung menggunakan material kayu. Bentuk rumah panggung juga tercipta dengan tujuan sebagai pengamanan terhadap air pasang.

Adapun ragam hias yang ada pada rumah tradisional Betawi berbentuk sederhana berupa ukiran pada kayu dengan motif geometris seperti titik, segi empat, belah ketupat, segitiga, lengkung, setengah lingkaran, dan lingkaran.

Motif ini biasanya diterapkan pada lubang angin, kusen, daun pintu, jendela, tiang, dinding di ruang depan, listplank, garde (pembatas ruang tengah dengan ruang depan). Dekorasi merupakan salah satu unsur arsitektural paling penting pada arsitektur rumah tinggal Betawi.

Masih terkait rumah adat Betawi, saya juga melihat hal yang ikonik dan lekat dengan ingatan. Pada teras rumah dibuat lebar, serta kursi-kursi kayu serta balai-balai untuk bersantai. Maka bayangan Babeh Sabeni (Benyamin Sueb) dalam serial “Si Doel Anak Sekolahan” yang sedang rebahan di balai pun teringatkan.

Hal lainnya yakni lampu gantung yang berada di teras rumah. Lampu gantungnya berbeda dari lampu gantung di rumah tradisional lainnya. Biasanya, tali lampu terbuat dari tembaga atau setidaknya warnanya menyerupai tembaga. Lalu, bagian atas lampu ditutupi dengan tudung untuk menyaring cahaya yang keluar. Tak lupa di sisi-sisi lampu, dihiasi dekorasi yang estetik agar lampu terlihat cantik.

Komen