Arifin Diterbitkan 22 February 2022

Healing dengan Terapi Hutan

Apakah Anda pernah mendengar istilah hutan dapat menyembuhkan? Hutan yang dapat menyembuhkan dikenal dengan sebutan “Forest Healing”. Forest healing atau terapi hutan merupakan cara yang dinilai mampu menurunkan tingkat stres seseorang, baik fisik maupun mental.

Terapi pohon diperkenalkan pertama kali oleh Qing Li, Presiden Kelompok Pengobatan dari Hutan di Tokyo dalam bukunya “Shinrin-Yoku: The Art and Science of Forest Bathing”. Menurut hasil penelitian Qing Li, berjalan di bawah hutan dan menjumpai kehijauan alam merupakan faktor penting dalam memerangi penyakit di tubuh dan pikiran.

Seperti dilansir forestryengland.uk, panduan terapi hutan adalah sebagai berikut:

1. Matikan perangkat, beri diri kamu kesempatan terbaik untuk bersantai, penuh perhatian, dan menikmati pengalaman sensoris berbasis hutan.

2. Tarik napas panjang sampai terasa dalam perut lalu hembuskan perlahan. Lakukan beberapa kali, ini dapat meningkatkan hal-hal positif sehingga tubuh dapat rileks.

3. Bergerak melintasi hutan secara perlahan agar Anda dapat melihat dan merasakan lebih banyak. Perhatikan dengan cermat, lihat detail-detail kecil alam menggunakan semua indra.

4. Sesekali berhenti, berdiri atau duduk, dan menikmati alam sekitar.

5. Buka mata Anda! Warna-warna alam akan menenangkanmu dan penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang paling rileks saat melihat warna hijau dan biru.

Jika di daerahmu tidak terdapat hutan, berjalan di taman, pantai, atau di alam terbuka juga dapat menjadi alternatif.