Arifin Diterbitkan 8 March 2022

Perayaan Hari Perempuan Internasional Ala Barbie

Sebagai bagian dari perayaan Hari Perempuan Internasional (International Womens Day) tahun ini, Barbie memberi penghormatan pada 12 perempuan panutan dari seluruh dunia dengan boneka unik yang serupa dengan mereka

12 boneka panutan ini mewakili para wanita dari berbagai industri, termasuk hiburan, pendidikan, teknologi, mode, dan lainnya.

12 role model Barbie tersebut adalah Shonda Rhimes, Ari Horie, Pat McGrath, Melissa Sariffodeen, Adriana Azuara, Doani Emanuela Bertain, Jane Martino, Lan Yu, Butet Manurung, Sonia Peronaci, Tijen Onaran, dan Lena Mahfouf.

Salah satu boneka panutan itu adalah produser dan penulis naskah televisi legendaris Shonda Rhimes. Seperti dilansir Antara, boneka tersebut mengenakan pakaian yang sama dari sampul majalah Variety November 2021, dengan rok pelangi dan sweter biru berhiaskan hati.

Sosok inspiratif lainnya adalah aktivis sosial dan antropolog Saur Marlina Manurung atau yang lebih dikenal sebagai Butet Manurung. Butet Manurung yang berasal dari Indonesia, merupakan wanita dari bidang pendidikan yang menginspirasi dan memberi harapan bagi anak-anak perempuan untuk berani mengejar mimpi.

Boneka Barbie yang mewakili Butet mengenakan busana kain batik merah dan hitam serta kalung.

Butet Manurung identik dengan “Sokola Rimba”. Sekolah ini bukan sekolah biasa. Ini merupakan sekolah rintisan bagi anak-anak Orang Rimba atau Suku Kubu di pedalaman hutan Jambi.

Butet Manurung merupakan orang di balik berdirinya Sokola Rimba. Berdiri sejak 2003, Sokola Rimba merupakan konsep pendidikan bagi masyarakat adat atau suku terpencil di Indonesia.

Seperti dilansir laman Universitas Padjadjaran, hingga saat ini, Sokola Rimba yang kemudian berubah nama menjadi Sokola Institute sudah merintis hingga 17 program di seluruh Indonesia dan memberikan manfaat kepada lebih dari 15.000 masyarakat adat untuk bisa mengenyam pendidikan formal.