Arfianingrum Pujiastuti Diterbitkan 24 March 2022

Kapan Sebaiknya Anak ke Dokter Gigi?

Kunjungan pertama anak ke dokter gigi direkomendasikan ketika gigi anak telah tumbuh satu buah. Rekomendasi ke dokter gigi itu paling telat di usia satu tahun atau saat giginya sudah tumbuh satu, misalnya saat usia 6 bulan.

Tujuannya, untuk mencegah gigi bermasalah seperti berlubang pada kemudian hari, juga menghindari kondisi sakit gigi. Saat kunjungan pertama, dokter gigi biasanya memberikan edukasi pada orang tua termasuk perawatan gigi anak.

Setelah kunjungan tersebut, orang tua akan menyadari pentingnya daily home care, setiap anak bisa ada modifikasi tergantung kebiasaan yang sudah terjadi, kondisi orang tua seperti apa.

Seperti dilansir Antara, dokter gigi juga dapat menilai kebiasaan sehat seperti apa yang mesti ditumbuhkan dan memeriksa kondisi gigi anak apakah kualitasnya bagus atau sudah ada tanda ketidaksempurnaan pembentukan.

Setelah kunjungan pertama, kontrol ke dokter gigi dilakukan rutin setiap enam bulan sekali untuk bisa mengetahui dini bila ada kondisi-kondisi yang mengarah pada gigi berlubang pada tahap yang sangat dini sehingga nantinya perawatan bisa dilakukan dengan nyaman.

Kontrol secara rutin juga sesungguhnya merupakan upaya untuk menghindari biaya ke dokter gigi yang dinilai sebagian orang mahal. Mahalnya biaya umumnya karena tindakan yang diberikan sudah kompleks. Kalau bisa dilakukan kontrol rutin dan bisa ditemukan kondisinya saat tahap awal itu biayanya juga lebih rendah.