Arifin Diterbitkan 28 March 2022

Menjaga Kadar Kolesterol Saat Puasa

Tinggal hitungan hari menuju puasa Ramadan. Segenap persiapan telah dilakukan. Tentu saja jangan lupakan memasukkan variabel kesehatan selama berpuasa. Penting untuk menjaga kadar kolesterol saat puasa dengan mengadopsi pola makan gizi seimbang serta melakukan aktivitas harian yang sehat.

Banyak orang cenderung mengurangi aktivitas fisik saat berpuasa kemudian tanpa disadari melakukan pola diet yang kurang sehat dengan makan makanan berkolesterol tinggi saat berbuka puasa. Kombinasi dua hal tersebut, tentu dapat berisiko terhadap kesehatan.

Tanpa disadari, kita suka berbuka puasa dengan makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti daging berlemak, jeroan, junk food, atau makanan tinggi lemak jenuh lainnya, seperti makanan dan minuman bersantan, gorengan, sebagai reward setelah berpuasa selama belasan jam. Alhasil, kadar kolesterol jahat dalam tubuh pun meningkat.

Lalu faktor lainnya yang dapat memicu kolesterol tinggi yakni  kebiasaan rebahan dan kebiasaan lainnya yang mencirikan sedentary lifestyle atau gaya hidup yang minim aktivitas fisik.

Lalu kiat apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol? Mulailah dari mengadopsi pola makan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat kompleks, protein, lemak baik, dan tinggi serat. Lalu, mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol, serta meningkatkan aktivitas fisik serta berolahraga selama 15-30 menit, sebanyak 3-5 kali seminggu secara rutin. Kiat lainnya seperti dilansir Antara, yakni menghindari merokok dan mengelola stres dengan baik.