Arifin Diterbitkan 31 March 2022

Pentingnya Kombinasi Menu untuk Menjaga Kesehatan

Tinggal hitungan hari menuju Ramadan. Sejumlah persiapan menuju bulan suci telah dilakukan. Jangan lupa untuk memahami kombinasi menu makanan yang boleh dan tidak boleh dicampur atau dimakan (food combining) di waktu berdekatan saat berpuasa.

Food combining merupakan ilmu yang menarik untuk dipelajari semua orang, tidak hanya saat berpuasa. Yang paling umum misalnya ada buah yang sebaiknya dimakan sendiri tanpa dicampur makanan lain, sayur hanya boleh digabung dengan protein.

Food combining ini bermanfaat besar untuk kesehatan. Seperti dilansir Antara, beberapa makanan yang baiknya dihindari untuk dikonsumsi bersamaan adalah pisang dan susu, teh dan susu, dan mengonsumsi buah setelah makan.

Kombinasi menu sahur dan berbuka pun penting untuk diperhatikan. Di bulan puasa nanti, penting bagi kita untuk menerapkan meal prepping yang benar supaya dapat menyiapkan hidangan makanan yang sehat dengan lebih maksimal untuk sahur dan berbuka. Pastikan untuk menyiapkan menu yang beragam agar lebih bervariasi dan keseruan berbuka puasa di rumah tetap terasa.

Adapun kiat untuk menyiapkan makanan saat sahur dan berbuka yaitu dengan membuat daftar bahan makanannya terlebih dahulu berdasarkan nutrisi; membuat 3 menu dalam sehari untuk sahur, takjil, dan berbuka; serta buat jadwal meal prepping ini untuk 1 minggu terlebih dahulu. Ini bertujuan agar kita tidak overwhelmed dan dapat lebih praktis kala menyiapkan masakan.