Arfianingrum Pujiastuti Diterbitkan 5 April 2022

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Bagi Anak

Meski dibutuhkan dalam jumlah sedikit, asupan vitamin C berperan penting bagi kesehatan, termasuk bagi anak.

Lalu berapakah dosis vitamin C ideal untuk anak dan remaja?

Idealnya, kebutuhan vitamin C harian untuk anak adalah 25-50 mg per hari dan 65-90 mg per hari untuk remaja.

Seperti dilansir Antara, vitamin C memainkan peran penting dalam menjaga imunitas anak tetap kuat. Jika anak sakit, vitamin C dapat membantu proses pemulihan mereka menjadi lebih cepat karena membantu mengurangi infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Asupan vitamin C perlu dikonsumsi secara teratur dalam dosis yang dianjurkan, bisa dari sayur dan buah tinggi vitamin C atau dengan suplemen.

Vitamin C dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari tergantung kebutuhan dan kondisi tubuh anak karena berfungsi sebagai antioksidan, membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, sekaligus meningkatkan imunitas tubuh.

Makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak tentu perlu ada di setiap konsumsi harian. Namun, tanpa bermaksud menghiraukan nutrisi yang lain, mikronutrien seperti vitamin dan mineral juga penting dan terdapat pada buah, sayur, serta susu. Selain sayur dan buah, dianjurkan untuk memberikan susu setiap hari kepada anak karena segelas susu mengandung ragam nutrisi baik, seperti protein, serta berbagai vitamin dan mineral.