Arifin Diterbitkan 6 April 2022

Kesehatan Mental Dalam Film, Lagu, Dan Novel

Kesehatan mental kian menjadi perhatian khalayak ramai. Jika dahulu impresi terkait kesehatan mental, lekat dengan gangguan jiwa, serta enggan untuk diapungkan ke khalayak, kini semakin muncul kesadaran pentingnya menjaga kesehatan mental.

Sejumlah produk pop kini juga semakin bertaut mengapungkan tentang kesehatan mental. Di antaranya film Kukira Kau Rumah. Niskala (Prilly Latuconsina), pengidap bipolar yang diam-diam kuliah untuk membuktikan kepada ayahnya bahwa ia juga bisa berprestasi. Kehidupan Niskala berubah setelah bertemu dengan Pram (Jourdy Pranata), seorang musikus yang merasa kesepian setelah ayahnya meninggal dan sang ibu sibuk bekerja. Keduanya semakin dekat dan sampai akhirnya Pram tahu kondisi Niskala hingga muncul konflik dengan ayah Niskala.

Produk populis lainnya yakni lagu “Diri” yang dibawakan Tulus. Lewat lagu ini, jika boleh menginterpretasikan, kita diajak untuk berdamai dengan diri sendiri, mengenal diri sendiri, serta membuka hati untuk memaafkan diri sendiri agar dapat memperoleh ketenangan jiwa. Petikan liriknya yang menurut saya begitu bermakna, yakni:

Bisikkanlah

Terima kasih pada diri sendiri

Hebat dia

Terus menjagamu dan sayangimu

Masih terkait dengan kesehatan mental, juga diangkat pada novel Rapijali. Tokoh utamanya Ping telah berhasil menjadi penyanyi terkenal. Pada puncak kariernya, bayangan kelam mengintai dan menggerogotinya dari dalam. Ping pun sampai harus bertemu psikolog untuk membenahi kesehatan mentalnya. Mencari “akar-nya”, proses di psikolog (yang mungkin selama ini belum diketahui luas oleh publik) pun didedahkan di novel ini.