Carian
Siap Pulang Kampung? Siapkan Dulu Hal Berikut
April 27, 2022 Arfianingrum Pujiastuti

Semakin mendekati Hari Raya Lebaran, apakah Anda pulang kampung (mudik) tahun ini? Setelah pelonggaran pembatasan kegiatan, arus mudik diperkirakan akan masif. Teriring kerinduan ke kampung halaman, serta bertemu sanak famili di sana.

Untuk melakoni mudik, tentu ada beberapa hal yang dapat Anda siapkan. Di antaranya adalah dengan menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi selama perjalanan mudik merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat.

Baik kiranya kalau selama perjalanan jangan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam, atau setidaknya menghindari makanan dan minuman yang mudah mengiritasi saluran cerna.

Jika Anda mengendarai kendaraan pirbadi, maka sebaiknya beristirahat setiap empat jam demi mencegah kelelahan.

Jika Anda menyandang penyakit kronis semisal hipertensi, bawalah obat-obatan yang rutin dikonsumsi. Obat-obatan untuk keperluan darurat, seperti obat demam, mual sakit perut juga perlu dibawa saat mudik.

Anda pun tetap harus menerapkan protokol kesehatan demi mitigasi risiko Covid-19, dengan memakai masker serta rutin mencuci tangan. Upayakan untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Kalaupun ada di kerumunan, lebih baik berada di kerumunan yang berada di ruang terbuka daripada di ruang tertutup.

Pun begitu dengan vaksin dosis penguat atau booster yang dapat memberikan perlindungan lebih bagi Anda yang akan menjalani mudik.

Komen