Arfianingrum Pujiastuti Diterbitkan 30 April 2022

Kiat Agar Rumah Aman Saat Pulang Kampung

Beberapa orang mungkin masih merencanakan untuk pulang kampung. Berikut sejumlah kiat agar rumah aman saat pulang kampung yang dilansir oleh Hubungan Masyarakat (Humas) Jawa Barat. Kiranya sejumlah kiat tersebut membuat Anda dapat pulang kampung senang, kembalinya pun tenang.

>> Matikan Semua Aliran Listrik

Anda wajib memastikan barang elektronik berdaya tinggi seperti kulkas dan pendingin ruangan tak tersambung dengan sumber listrik. Selain dapat mengurangi risiko korsleting listrik, Anda juga dapat menghemat biaya bayar listrik.

>> Memperhatikan Saluran Air

Memastikan semua keran air yang ada di dalam maupun sekitar rumah tertutup rapat. Jangan sampai, ada keran air yang meneteskan air, terutama keran yang terdapat di dalam rumah.

>> Cek Kompor di Dapur

Memeriksa kompor di dapur. Terdengar sepele, namun Anda mesti melakukannya. Karena jika Anda lupa mematikan kompor di dapur, apalagi kompor gas, maka rumah Anda tengah terancam.

>> Mengunci Semua Pintu dan Jendela

Demi keamanan, Anda wajib menyiapkan kunci sebanyak dengan jumlah pintu dan jendela yang ada di rumah. Anda juga bisa menitipkan kemanan rumah kepada tetangga yang tidak pulang kampung. Setidaknya tetangga Anda sesekali menengok rumah Anda.