Arfianingrum Pujiastuti Diterbitkan 11 May 2022

Baru Pulang Kampung? Yuk, Konsumsi Gizi Seimbang

Pulang kampung nih! Begitulah kiranya hal yang banyak dilakoni seiring dengan pelonggaran pembatasan. Selepas pekan libur Lebaran, ada baiknya untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks dan mengoptimalkan konsumsi gizi yang seimbang guna mengembalikan kondisi tubuh menjadi prima seusai menjalani pulang kampung.

Seperti dilansir Antara, sumber tenaga yang baik dari karbohidrat kompleks antara lain nasi, roti, umbi-umbian, havermout dan olahannya. Serta sumber lauk pauk baik nabati seperti tempe, tahu dan kacang-kacangan, dan hewani seperti ayam, ikan, daging, dan telur.

Anda pun sebaiknya meluangkan masa untuk berolahraga. Sebab, berolahraga juga penting untuk mengembalikan kondisi tubuh menjadi prima.

Selain itu, penting pula untuk mengonsumsi cukup air putih, mengonsumsi sayur dan buah, serta beristirahat yang cukup sebelum kembali bekerja. Cukup air putih yaitu 8 gelas sehari dan mengonsumsi sayur dan buah agar membantu memenuhi kebutuhan vitamin yang penting bagi kesehatan tubuh.

Dalam hal beristirahat, tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas tubuh. Idealnya manusia tidur selama 6-7 jam. Untuk waktu tidur, sebaiknya sebelum jam 11 malam dan bangun sebelum jam 5 pagi.