Akrab dengan lagu “Gajah” yang dipopulerkan Tulus? Nyatanya di samping merdu secara notasi dan kuat secara lirik, untuk kemudian terbentuk kepedulian terhadap hewan gajah. Seperti dilansir akun Instagram @temangajahtulus berikut lini masa yang menunjukkan gerakan berdampak untuk gajah.

Video musik “Gajah” dirilis pada Agustus 2014. Video musik tersebut diambil di “rumah” asli gajah Sumatera dan salah satu yang turut berpartisipasi adalah Yongki.

Sayangnya pada September 2015 Yongki mati dibunuh untuk diambil gadingnya.

Setelah secara intensif diskusi bersama WWF Indonesia mengenai kepedulian Tulus terhadap gajah Sumatera, akhirnya pada November 2015 dimulai gerakan #TemanGAJAH. Gerakan #TemanGAJAH dibentuk sebagai dukungan bagi kelestarian gajah Sumatera yang populasinya terus menurun.

Pada September 2017, Tulus bekerja sama dengan WWF Indonesia dan KitaBisa mengajak publik berdonasi untuk membantu pembelian kalung satelit GPS gajah Sumatera melalui www.kitabisa.com/temangajah dan lewat kotak donasi #TemanGAJAH yang tersedia di 20 Sekolah Dasar yang berpartisipasi di Jakarta dan sekitarnya.

Pada Februari 2018, Tulus bersama WWF Indonesia dan KitaBisa mengunjungi SDN Menteng 01, Jakarta, sebagai bagian dari rangkaian kampanye #TemanGAJAH yang bertujuan untuk memperkenalkan karakter dan keadaan gajah Sumatera, dengan harapan bisa menumbuhkan rasa kepedulian generasi muda sejak dini terhadap gajah Sumatera dan alam sekitarnya.

Pada Juli 2018, kalung satelit GPS berhasil dipasangkan pada 6 kepala kelompok gajah Sumatera yang hidup bebas di hutan Sumatera. Penggunaan kalung satelit GPS tersebut guna memantau jejak para kelompok gajah untuk mencegah konflik yang mungkin terjadi dan mengancam kelangsungan hidup gajah.

Pada Oktober 2018, Tulus berkolaborasi bersama Sejauh Mata Memandang menjual “Boneka Gajah Imbo” yang dibuat dari kain katun bermotif tenun ikat. Keuntungan dari penjualan Boneka Imbo digunakan untuk mendukung kelestarian gajah Sumatera dengan penanaman pohon di Aceh. Pada November 2019, Tulus bersama WWF Indonesia menyuarakan kegiatan dan tujuan gerakan #TemanGAJAH, juga memublikasikan konservasi gajah Sumatera dalam forum berskala internasional, Paris Peace Forum 2019.