Arfianingrum Pujiastuti Diterbitkan 20 May 2022

Mau Healing Ke Jawa Barat? Ayo Disimak Aneka Minuman Segarnya

Kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini makin terkendali. Sejumlah pelonggaran pembatasan pun dilakukan. Mungkin akhir pekan ini Anda berniat untuk healing ke Jawa Barat. Maka deretan minuman segar ini layak menjadi opsi.

>> Cendol

Berwarna hijau dan berukuran panjang, terbuat dari tepung beras yang diberi kuah santan dan cairan gula merah. Cendol merupakan minuman favorit yang everlasting.

>> Es Oyen

Sesungguhnya ini adalah es campur. Berisi alpukat dan kelapa muda kerok, pacar cina, kolang-kaling serta nangka yang ditutupi es serut. Lalu disiramkan larutan gula dan susu kental manis.

>> Es Doger

Lazimnya berisi ketan hitam, alpukat, kelapa, nangka atau sobekan roti tawar. Di atasnya diberi es serut, sirup, gula, dan susu kental manis.

>> Es Pala

Apakah Anda baru mendengarnya? Yups, ini termasuk minuman langka. Seperti dilansir Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Es Pala berupa irisan tipis buah pala dicampur dengan air gula dan biji selasih. Anda bisa menemukan minuman ini di Bogor.

>> Bandrek

Sedia bandrek di kala hujan lagi dingin. Paduan air jahe dan gula merah ditambah kelapa kerok.

>> Bajigur

Sering tertukar konsep antara bandrek dan bajigur? Memang bajigur mirip bandrek, tapi tak sepedas bandrek. Untuk bajigur komposisinya dicampurkan santan dan rasanya lebih manis. Terdapat kolang-kaling juga di dalamnya.

>> Es Cincau

Untuk es cincau ada yang diberi tambahan gula dan santan atau sirop pink kemerahan. Mengikuti tren kekinian, bahkan ada yang ditambah es krim.

>> Es Goyobod

Es goyobod terdiri dari puding tepung, pacar cina, tapai singkong, potongan roti tawar, kelapa kerok, dilengkapi kuah santan dan susu kental manis.