Arfianingrum Pujiastuti Diterbitkan 23 May 2022

Naik Kereta Api Dengan Anak, Yuk Disiapkan Sejumlah Hal

Pada akhir pekan kemarin, kami sekeluarga berwisata ke kota Bandung. Moda transportasi yang kami pilih adalah kereta api. Melakukan perjalanan bertiga saja (saya, suami, anak berumur 3 tahun) dengan kereta api sejumlah persiapan pun kami lakukan. Mungkin langkah persiapan ini pun dapat berfaedah bagi Anda.

>> Pilihlah bangku yang sederet bersebelahan

Hal ini tentu untuk memungkinkan anak berada dalam pengawasan dan penjagaan. Ketika dalam rute pulang (Bandung-Jakarta), bangku yang tersisa sebenarnya terpisah dan sendiri-sendiri. Maka komunikasi dan lobi diperlukan untuk meminta penumpang lainnya bertukar tempat duduk. Sebaiknya ini dilakukan dengan tidak mepet waktu keberangkatan kereta, sehingga lebih leluasa dan tentu lebih enak bagi Anda untuk melakukan lobi.

>> Persiapkan makanan-minuman

Anda bisa bekerja sama dengan menanyakan anak, makanan, minuman apa yang ingin dikonsumsinya di kereta. Maka Anda pun dapat menyiapkan hal tersebut. Selain itu Anda pun bisa berkunjung ke gerbong makan. Tentu berjalan ke gerbong makan merupakan pengalaman tersendiri, Anda juga bisa menyiasatinya dengan memesan kursi yang tak jauh dari gerbong makan. Sehingga jika perlu, Anda bisa membawa anak untuk bersantap dan merasakan pengalaman di gerbong makan.

>> Mainan yang dibawa

Komunikasikan dengan anak mainan apa yang mau dibawa. Hal ini untuk membentuk atmosfer gembira pada anak ketika di kereta api. Tentu mainan yang dibawa harus sesuai jika dibawa di sarana transportasi publik. Serta pastikan tidak tertinggal di kereta ya.

>> Berhitung waktu

Mari berhitung waktu. Mulai dari durasi perjalanan, waktu konvensional jam tidur anak; sehingga dengan bekal tersebut, Anda bisa mempersiapkan diri serta melakukan mitigasi jika katakanlah anak bosan di kereta api.

>> Komunikasi dengan anak Sebelum berangkat, kami telah melakukan komunikasi dengan anak. Mengenai tujuan perjalanan, durasi perjalanan, serta mengaitkannya dengan sejumlah lagu-cerita anak berlatar kereta yang dia ketahui.