Arifin Diterbitkan 24 May 2022

Dari Selang Waktu MRT Hingga Stasiun Manggarai

Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta. Sejak dioperasikan tanggal 24 Maret 2019, MRT Jakarta menjadi salah satu opsi bertransportasi. Sebagai informasi, mulai 18 Mei 2022 operasional MRT Jakarta di hari kerja pukul 05.00-23.00 WIB dengan selang waktu 5 menit di jam sibuk dan 10 menit di jam normal. Sedangkan di akhir pekan/hari libur 06.00-23.00 WIB dengan selang waktu 10 menit.

Masih dari sarana transportasi publik, terdapat perubahan pola operasi perjalanan KRL Jabodetabek. Salah satu simpulnya tentu stasiun Manggarai. Stasiun Manggarai sejak dahulu telah menjadi stasiun penting di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Seperti dilansir akun Instagram @commuterline, Stasiun Manggarai mulai dibangun dari tahun 1914 oleh perusahaan kereta api negara, Staatssporwegen dan resmi dibuka untuk melayani pengguna sejak tahun 1918.

Stasiun yang letaknya 13 meter di atas permukaan laut ini juga merupakan saksi sejarah kemerdekaan negara Republik Indonesia.

Pada September 2021 diresmikan pengoperasian jalur layang di Stasiun Manggarai yang juga merupakan bagian dari proyek revitalisasi Stasiun Manggarai dan pembangunan Double-Double Track (DDT). Saat ini Stasiun Manggarai begitu megah dengan 13 jalur kereta api disertai fasilitas penunjang lainnya. Fasilitas-fasilitas yang ada di gedung baru Stasiun Manggarai juga lengkap dengan adanya musala, loket, lift, eskalator, tangga manual hingga toilet disabilitas.

Stasiun Manggarai menjadi stasiun transit yang menghubungkan beberapa lintas KRL antara lain lintas Bogor – Jakarta Kota, Bogor – Jatinegara, dan Cikarang – Jakarta Kota. Saat ini Stasiun Manggarai yang menjadi stasiun integrasi antar moda, tak hanya melayani KRL saja tapi para pengguna juga dapat melanjutkan perjalanan dengan KA Bandara atau TransJakarta.