Arifin Diterbitkan 26 May 2022

Cara Sederhana Mengurangi Jejak Karbon

Kepedulian terhadap lingkungan hidup kian menggema. Terlebih kita kian merasakan, melihat, serta mengetahui dampak nyata dari penurunan kualitas lingkungan. Salah satu cara untuk menjaga lingkungan, di antaranya dengan mengurangi jejak karbon.

Kepedulian soal jejak karbon akibat bepergian adalah salah satu isu yang sering dibicarakan. Seperti dilansir Antara, sektor transportasi berkontribusi hampir 15 persen terhadap emisi gas rumah kaca secara global.

Terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi jejak karbon di sektor transportasi. Ayo menggunakan kendaraan yang paling sedikit menimbulkan polusi, yang bisa dijangkau oleh seseorang.

Anda juga bisa menggunakan moda transportasi umum. Hal ini dapat membantu mengurangi jejak karbon. Selain transportasi umum, bersepeda atau jalan kaki juga bisa menjadi pilihan.

Anda juga bisa menerapkan “eco-driving”, mengemudi ramah lingkungan, ketika sedang mengendarai mobil. Setiap 5 mil (sekitar 8 kilometer) per jam saat menempuh jarak 60 mil (96,5 kilometer), penggunaan bahan bakar turun 7 persen. Selain itu terapkan juga untuk jangan sering mengerem atau menggenjot pedal gas.

Anda juga baiknya secara berkala membersihkan penyaring udara dan oli serta menyetel ban.

Cara mengurangi jejak karbon lainnya yakni ketika bepergian jarak jauh dengan pesawat terbang, pilihlah penerbangan langsung dibandingkan penerbangan transit. Ketahuilah saat lepas landas dan mendarat, pesawat mengeluarkan emisi yang paling besar.

Kiat berikutnya yaitu, kecuali mendesak, sebaiknya tidak sering mengirim barang dengan kurir instan ketika berbelanja online.