Arifin Diterbitkan 28 May 2022

Lidah Kuliner Dalam Sejumlah Film

Film dapat menjadi medium mewartakan kuliner. Tentu dengan derajatnya masing-masing. Dengan semakin banyaknya opsi tontonan, maka khazanah kuliner pun semakin mudah diakses. Sejumlah chef pun ikut terjun untuk menjelaskan tentang aneka kuliner, mulai dari cara pembuatannya, komparasi dengan makanan lainnya, hingga rasanya.

Tayangan kuliner pun dapat terasa menyenangkan, baik itu yang ahli, bisa masak (dengan segala tingkatan), hingga awam masak (penikmat kuliner saja).

Pada sejumlah film, kuliner tampil dengan derajat dan porsinya masing-masing. Simak Aruna & Lidahnya yang diangkat dari novel karya Laksmi Pamuntjak. Dalam versi novelnya, ragam makanan di Indonesia dibedah dalam alur penceritaan novel. Imajinasi dan lidah Anda akan bergoyang kala menelusuri penjelasannya, baik cara pembuatannya, hingga penggambaran rasanya. Ragam kuliner pun diulas seperti sate lalat, nasi ayam hainan, rujak pisang batu, sambal kecombrang, gulo puan Cek Mia, tekwan. Dalam versi film, tentu Anda dapat melihat secara visual, aneka kuliner nusantara yang mendapatkan pengaruh dari sana-sini.

Sedangkan di film Extreme Job merupakan film asal Korea Selatan yang menceritakan tentang agen polisi yang melakukan penyamaran sebagai penjual Ayam Goreng Suwon. Mereka mengintai melalui tempat yang dekat dari sarang bandar narkoba. Tanpa disengaja, tempat pengintaian mereka berada di sebuah restoran penjual ayam. Hari demi hari berlalu restoran tersebut terancam gulung tikar. Demi tetap bisa mengintai dekat, maka detektif polisi tersebut harus bersandiwara dan menyamar sebagai penjual ayam. Ternyata detektif Ma mampu membuat ayam goreng yang sangat populer di Korea Selatan tersebut dengan lezat.

Dengan mencampurkannya melalui “bumbu humor” pun dapat ditemui pada serial Vincenzo. Tek tokan antara Chef Toto dan Vincezo tentu masih berkesan perihal makanan Italia. Di samping itu sejumlah menu Italia pun hadir dalam serial tersebut seperti Beef Pepperoni Pizza, Truffle Porcini Spaghetti, Risotto Saffron. Jika Chef Toto diklaim Vincezo gagal menyajikan rasa yang enak dan pas, mungkin Anda tertarik untuk membuat menu-menu tersebut ke dalam hidangan di rumah.

Lalu tentu saja film yang mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan, Ratatouille. Sudahkah Anda mencoba membuat ratatouille sebagai menu bersahaja lagi lezat di rumah Anda?