Google Street View berawal dari ide yang dibuat dari salah satu pendiri Google, Larry Page, untuk membangun peta 360 derajat dari seluruh dunia.

Pada masa kini telah ada lebih dari 220 miliar gambar Street View dari lebih 100 negara dan wilayah yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan gambaran bagaimana rasanya berada di tempat-tempat ini langsung dari ponsel atau komputer.

Kini Google Street View bahkan memiliki kemajuan terbaru dalam visi komputer dan kecerdasan buatan yaitu “Immersive View” yang mampu menggabungkan miliaran Street View dan gambar aerial untuk menciptakan gambar yang lebih imersif sebuah cara baru untuk menjelajahi dan mengalami suatu tempat sebelum pengguna pergi langsung ke dunia nyata.

Google Street View juga merekam destinasi favorit di Indonesia yang kerap dikunjungi oleh penggunanya. Seperti dilansir Antara, salah satu Street View yang paling berkesan di Indonesia adalah pemetaan gambar 360 derajat dari lokasi-lokasi bersejarah seperti candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, Situs Manusia Purba Sangiran, dan beberapa museum di tanah air pada 2016. Setelah itu dilanjutkan oleh danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba pada tahun 2018.