Mengantuk merupakan penyebab nomor satu kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Maka mitigasi kantuk dapat dilakukan, di antaranya dengan sejumlah camilan tertentu.

Sewaktu mengantuk berat dan dalam perjalanan panjang, hindari ngemil makanan berkarbo tinggi (roti, nasi, kue, snacks, keripik, dll) maupun minuman yang mengandung gula yang tinggi (soft drink, jus, dll). Karena makanan dan minuman tersebut hanya akan mengurangi kantuk sesaat, namun gula darah akan segera anjlok yang membuat kantuk lebih parah dari sebelumnya, apalagi jika makan sampai kenyang.

Berikut sejumlah camilan untuk mengurangi rasa kantuk yang disarankan oleh Chef Edwin Lau:

>> Kacang (Nuts)

Selalu sediakan kacang kemasan di dalam mobil (apapun jenis kacangnya – tapi sebaiknya kacang Almond karena lebih sehat dan rendah karbo). Kacang mengandung protein dan lemak yang lebih lama dicerna dan membutuhkan kalori yang cukup besar untuk mencernanya. Oleh karena itu tubuh akan “sibuk” kembali yang akan menghilangkan rasa kantuk lebih lama.

>> Cabe Rawit

Bawa beberapa biji dari rumah saat mau menyetir perjalanan panjang. Cabe rawit pun bisa ditemani tahu/tempe sebagai camilan rendah karbo. Rasa pedas dari cabe juga akan mendorong metabolisme sangat cepat dan membuat fokus kembali. Apabila tidak sempat bawa, selalu sediakan cabai kering tabur di mobil untuk “dicemil” saat mengantuk parah.

>> Telur

Siap sedia telur dadar/mata sapi/telur rebus sebagai camilan bergizi tinggi. Telur mengandung komposisi protein dengan asam amino lengkap dan lemak yang cukup baik untuk kesehatan otak.

>> High Protein & Vitamin B Foods

Baik itu ikan, daging, ayam, biji-bijian, whey, dll, sumber makanan ini akan meningkatkan produksi tenaga tanpa menyebabkan gula darah drop. Vitamin B di dalamnya juga melancarkan metabolisme nutrisi menjadi sumber energi sehingga kita tidak mudah lelah/mengantuk.

>> Matcha

Tidak seperti kopi, Matcha adalah bahan slow releasing caffeine & natural fat burner, sehingga bisa mendorong pasokan tenaga ekstra secara lebih stabil dan bertahan jauh lebih lama. Matcha bisa saja berbentuk makanan/minuman. Kopi dan coklat pahit juga sebaiknya dihindari karena memicu penyakit maag.