Apa yang membuat Anda melayangkan pilihan pada suatu tempat makan? Bisa jadi karena konsep kekinian ataupun nuansa zaman dulu yang begitu erat.

Family Mart menghadirkan terobosan unik dengan menggunakan robot sebagai barista. Robot barista ini menjadi yang pertama di Indonesia dan menyita perhatian khalayak. Stand Family Mart yang ada di Grand Indonesia East Mall, Jakarta ini semakin ramai dikunjungi karena banyak orang yang penasaran dengan robot barista.

Tentu merupakan pengalaman unik dilayani robot. Seperti dilansir Liputan 6, Robot ini akan memproses pesananmu yang kamu pesan melalui mesin otomatis di bagian samping robot barista. Robot barista terlihat begitu teliti saat membuat kopi. Mulai dari menunggu hasil kopi yang dibuat hingga mengocok kopi menjadi pemandangan yang menarik untuk dilihat. Tertarik?

Konsep kekinian pun diadopsi oleh Genki Sushi. Kereta ukuran mini lalu lalang di jalur kereta yang berada di samping meja makan tamu. Kereta tersebut bukan cuma hiasan, di atas kereta ada piring-piring kecil yang menyajikan sushi serta sashimi yang dipesan oleh tamu.

Bersantap di Genki Sushi tak perlu buku menu. Alih-alih Anda akan diberikan tablet khusus yang berisi menu. Dari tablet tersebut, Anda hanya perlu menekan hidangan yang diinginkan. Kemudian tak lama, hidangan tersebut akan diantar ke meja Anda dengan kereta mini. Hal tersebut dapat membuat anak-anak terkesima, bahkan orang dewasa pun juga menyukai konsep tersebut.

Ada pun nuansa zaman dulu (jadul), dapat menjadi alasan pula untuk berlabuh di tempat kuliner tertentu. Kami sekeluarga misalnya merasa nyaman dengan Starbucks Asia Afrika yang berada di Jalan Braga. Ada nuansa antik, klasik dari bangunannya. Di samping itu dengan jendela besar yang ada, dapat melihat hilir mudik kota Bandung yang semarak, mulai dari kendaraan, orang-orangnya, interaksinya. Anda pun bisa melihat fasad Museum Konperensi Asia Afrika yang merupakan bangunan cagar budaya yang ramai dikunjungi wisatawan.

Masih dari perwakilan era lawas, Ragusa Italian Ice Cream merupakan salah satu toko es krim legendaris dan tertua di Jakarta yang berdiri sejak 1932. Ragusa Italian Ice Cream saat ini hanya memiliki satu lokasi yang berada di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. Tepatnya di Jalan Veteran I Nomor 10.

Terdapat beberapa menu yakni Chocolate Sundae, Tutti Frutti, Cassata Siciliana, Banana Split, dan Spagheti Ice Cream. Semua es krim yang diproduksi oleh Ragusa Italian Ice Cream dibuat dengan susu dan tanpa pengawet. Di samping itu nuansa jadul begitu terasa, mulai dari furniturnya seperti bangku kayunya, meja; foto yang memaparkan sejarah toko ini, hingga musikus yang kadang mampir membawakan lagu-lagu tempo dulu.