Akhir pekan kemarin, kami (saya, istri, anak) sekeluarga pergi ke Taman Ismail Marzuki (TIM). Seperti diketahui sejak pertengahan tahun 2019, TIM memulai proses revitalisasi guna memperbaiki fasilitas yang ada dan menghidupkan lagi fungsinya untuk mengakomodasi semua ekspresi karya seni dan budaya bertaraf internasional sebagai laboratorium seni, etalase seni, dan barometer seni di DKI Jakarta.

Kini, progres pembangunan sejumlah bangunan baru di TIM sudah mencapai 100 persen untuk tahap pertama. Revitalisasi TIM sendiri dibagi menjadi tiga tahap. Dari pandangan mata kami, terlihat proses konstruksi sedang dilakukan di beberapa bagian.

Pada bulan Juni merupakan Bulan Seri Rupa di TIM. Pameran seni rupa dihelat di Galeri Seni dan Galeri Annex, Gedung Panjang TIM dari 3-30 Juni 2022. Kami sendiri dalam kunjugan akhir pekan tersebut melihat Pameran Seni Rupa dari Komunitas, Pameran Batik, Manuskrip Al-Qur’an Mushaf Betawi, Pameran Lukis Cat Air oleh Komunitas Lukis Cat Air Indonesia Chapter JABODETABEKA.

Menarik kiranya melihat Pameran Lukis Cat Air, di antaranya yang memantik perhatian saya adalah lukisan Candi Prambanan serta Raden Saleh dengan motif singa di busananya. Pelukis Raden Saleh sendiri termasyhur dengan sejumlah karyanya yang menggambarkan singa seperti “Perburuan Singa”, “Singa Terluka”.

Binatang buas sendiri merupakan subjek lukisan favorit Raden Saleh. Seperti dilansir Good News From Indonesia, untuk mempelajari anatomi hewan buas ini, Raden Saleh gemar pergi ke pertunjukan penjinak hewan Henri Martin di Den Haag. Di sini, ia sering menyelinap ke belakang panggung untuk melihat singa dari jarak dekat.

Pengalaman menarik lainnya yang kami dapatkan ketika naik ke lantai 2 gedung, sembari melihat sejumlah lukisan, lalu seorang pelukis menghampiri kami. Ia memperlihatkan sejumlah gambar sketsa bikinannya. Kami pun tertarik untuk dibuatkan sketsa juga. Sat, set, sat, set, istri dan anak saya yang menjadi objek sketsa, sementara saya mengabadikannya dalam sejumlah foto di ponsel. Dalam waktu yang tak lama sketsa dari istri dan anak saya pun selesai. Anda pun bisa melihat sejumlah portofolio karya sang seniman tersebut di akun Instagram @kedsu_art.