Ada banyak jalan untuk mesra terhadap alam, di antaranya melalui moda transportasi. Hal itu di antaranya ditunjukkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan mengganti seluruh kendaraan dinas menjadi bertenaga listrik.

“Ini bagian dari kita dalam transformasi menuju penggunaan energi terbarukan ramah lingkungan seperti pesan yang dibawa Formula E,” tutur Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Secara bertahap pemprov DKI Jakarta melakukannya dengan pengadaan 30 bus listrik TransJakarta. Lalu PT Transjakarta menargetkan 100 bus listrik beroperasi di ibu kota pada akhir 2022. Untuk kemudian ada 10.040 unit kendaraan sampai 2030 jika berjalan sesuai dengan tahapan perencanaan.

Masih terkait mobil listrik dan Jakarta, pada Sabtu, 4 Juni lalu dihelat balapan mobil listrik Formula E yang diklaim ramah lingkungan. Dalam catatan Tempo, sejumlah fakta angka diungkap yakni terdapat 22 mobil listrik yang bertanding di Formula E; 385 kilogram, berat baterai listrik di setiap mobil Formula E Gen 2; 52 kWh, kapasitas baterai mobil Formula E.

Masih terkait dengan kendaraan listrik, seperti diungkap Presiden RI Joko Widodo mobil listrik Hyundai jenis Genesis G80 akan menjadi mobil resmi KTT G20 di Bali pada November 2022.