Carian
Kian Hijaunya Pepohonan Di Stasiun Kereta
June 10, 2022 Arifin

Hijaunya dedaunan di stasiun kereta api semakin kentara. Menghijaukan stasiun bukan sekadar isapan jempol. PT Kereta Api Indonesia (Persero) konsisten menjalankan program penghijauan di area pelayanan dan perkantoran KAI. Di tahun 2021, KAI telah melakukan penanaman 15.072 pohon pada wilayah stasiun dan perkantoran di area kerja KAI yakni di Jawa dan Sumatra seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota-kota lainnya. Pepohonan yang ditanam di antaranya trembesi, tabebuya, pule, miana, pucuk merah, brokoli kuning, buah-buahan, dan lainnya.

Hal ini merupakan upaya untuk mewujudkan konsep stasiun hijau dan ramah lingkungan. Penanaman pohon di stasiun merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk mendukung kelestarian lingkungan.

Contohnya di Stasiun Gambir yang kini telah tersedia taman dilengkapi dengan kolam yang terletak di hall stasiun. Taman tersebut sudah dapat dimanfaatkan pelanggan untuk menunggu keberangkatan kereta api sambil menikmati suasana ruang tunggu yang asri. Seperti diketahui Stasiun Gambir intens dengan perjalanan kereta antarkota, maka hal tersebut menjadi fasilitas yang dapat menyegarkan kondisi tubuh dan pikiran para pengguna kereta api. Adapun penanaman pohon di stasiun diharapkan juga dapat menjadikan udara lebih baik dan bersih, mengurangi dampak dari pemanasan global, menyerap berbagai polusi udara, membantu pencapaian target emisi nol pada tahun 2060, serta menjawab isu dekarbonisasi.

Komen