Carian
Meningkatkan Minat Baca Anak Dengan Read Aloud 
June 13, 2022 Arifin

Metode membaca nyaring atau read aloud menjadi salah satu metode yang dapat diterapkan untuk menumbuhkan minat membaca anak sejak dini.

Ketahuilah membaca bukanlah proses alami sehingga membutuhkan proses belajar. Seperti dilansir Antara, kemampuan membaca harus disiapkan sedini mungkin karena 90 persen perkembangan otak kritis terjadi dalam lima tahun pertama kehidupan.

Maka membaca perlu diajarkan secara eksplisit. Anak-anak perlu mempelajari berbagai unsur yang dibutuhkan untuk membaca, terutama belajar berbagai bunyi dalam bahasa lisan sehingga mampu menghubungkan bunyi itu dengan huruf tertulis dan membuat makna. Inilah letak pentingnya read aloud.

Di rumah, ayah dan bunda dapat membacakan nyaring buku-buku yang disukai anak. Metode read aloud ini juga bisa digunakan untuk anak belajar membaca, bahkan bagi anak yang gemar membaca. Selain itu, read aloud juga melatih keterampilan menyimak dan untuk membangun kedekatan dengan anak.

Bagi ayah, bunda panjang teks dan bacaan yang nyaman untuk dibaca, menjadi pertimbangan dalam memilih bahan bacaan. Perhatikan juga intonasi, kecepatan, dan penekanan kata, serta melakukan interaksi gestur. Kemudian, ayah, bunda pun dapat melakukan diskusi dengan anak mengenai apa yang dibaca.

Komen