Arifin Diterbitkan 14 June 2022

Ada Emas Di Museum?

Museum dikenal menyimpan dan memajang sejumlah artefak bernilai. Bagaimana jika yang disimpan adalah emas? Seperti dilansir akun Instagram Museum Bank Indonesia (BI), terdapat kurang lebih 100 batang emas yang tersimpan di dalam Ruang Emas Moneter Museum BI. Namun, emas yang dimaksud adalah replika emas batangan.

Jika ditarik pada tarikh sejarah, emas-emas batangan asli memang ada dan pernah disimpan di gedung yang kini menjadi Museum BI. Tepatnya ketika Museum BI masih menjadi kantor De Javasche Bank lalu menjadi kantor Bank Indonesia. Emas-emas tersebut disimpan sebagai cadangan devisa negara.

Sementara itu melalui akun Instagram Museum Mandiri, diapungkan pertanyaan mengenai emas di dinding Museum Mandiri. Gedung Museum Mandiri memiliki arsitektur bergaya Art Deco. Arsitek Art Deco memfavoritkan ubin sebagai bahan penutup lantai dan dinding. Hal ini terlihat pada ornamen tegel kaca berwarna emas di lantai 1 Museum Mandiri. Tegel kaca ini memiliki ketebalan 5-8 milimeter, terang, tidak berwarna, dan rata. Ornamen ini ditanam satu per satu mengelilingi tangga yang mengarah ke lantai 1 hingga langit-langit yang berada di ruang rapat direksi.