Arifin Diterbitkan 30 June 2022

Libur Telah Tiba, Ayo Asah Kecakapan Hidup Anak

Libur telah tiba bagi anak sekolah. Setelah berjibaku dengan pembelajaran di sekolah, anak-anak dapat menikmati waktu liburnya. Libur sekolah, tentu bukan berarti libur dari pembelajaran.

Orang tua dapat menjadikan momen liburan sebagai upaya mengasah kecakapan hidup, lifeskill, misalnya menerapkan protokol kesehatan seperti tidak berlibur di tempat ramai, rajin mencuci tangan dan mengganti baju ketika sudah di rumah.

Anak dapat liburan sambil buang sampah, anak dapat liburan sambil makan yang sehat, anak dapat liburan sambil belajar budaya. Hal tersebut merupakan lifeskill.

Orang tua juga dapat mencari inspirasi agar masa libur sekolah bisa menjadi momen menyenangkan bagi anak walaupun katakanlah hanya di rumah saja. Maka kreativitas orang tua diuji, serta lebih banyak lagi menghabiskan waktu membersamai anak.

Masa liburan pun dapat menjadi momentum untuk lebih mendengarkan keluh kesah anak selama kegiatan belajar kemarin. Evaluasi apa yang perlu, lalu perbaiki di tahun ajaran baru ini.

Saat liburan sekolah juga bukan berarti blong dari segala rutinitas baik. Contohnya anak yang terbiasa bangun pagi serta sarapan, tetap harus diupayakan melakukan kebiasaan baik tersebut di masa liburan sekolah.