Carian
Mari Berkunjung Ke Taman-taman Di Jakarta!
July 1, 2022 Arifin

Saat ini 91% luas wilayah Jakarta berada dalam radius 800 meter dari taman, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), dan hutan kota. Hal tersebut berarti, hampir seluruh warga lebih mudah mengakses ruang terbuka hijau publik gratis dan berkualitas dengan berjalan kaki.

Peningkatan aksesibilitas warga ke ruang terbuka hijau diwujudkan dengan upaya pembangunan taman dan penanaman pohon secara terencana, kolaboratif dan merata dalam periode 2018-2021.

Seperti dilansir dari data Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berikut sejumlah upaya untuk menghadirkan ruang terbuka hijau:

>> Membangun dan/atau merevitalisasi 377 taman

>> Membangun dan/atau merevitalisasi 29 hutan kota

>> Menanam 165.528 pohon

Adapun seperti dilansir Teman Taman Jakarta, terdapat sejumlah taman yang dibangun dari hasil gotong royong warga. Diistilahkan sebagai Taman Maju Bersama (TMB) yaitu taman-taman di Jakarta yang perencanaan dan pemeliharaannya melibatkan partisipasi masyarakat. TMB memanfaatkan lahan sempit sebagai ruang terbuka hijau di perkotaan. Saat ini terdapat sekitar 69 lokasi Taman Maju Bersama yang tersebar di Jakarta. Salah satu Taman Maju Bersama yang dapat Anda kunjungi adalah TMB Gunung Balong. Taman ini berlokasi di Jalan Gunung Balong II, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Berdiri di atas lahan 2.000 meter persegi, Taman Gunung Balong mengusung konsep pocket park. Taman ini dilengkapi dengan area bermain anak, mini gazebo, area duduk (amphiteater) dan toilet.

Komen